PASTEURISASI

Written by b0cah    Apr 11, 2008 at 07:00 AM

KUMAN ada di mana-mana, dia menyebabkan penyakit pada tubuh kita. Benarkah “mahluk kecil” ini dapat membuat mahluk besar seperti manusia menderita sakit? Bagaimana juga mereka mempengaruhi rasa dan mutu makanan? Dan bagaimana pula cara mengatasi ini semua?Louis Pasteur, pria Prancis (1822-1895) adalah orang yang benar-benar menemukan “kuman” dan menyadari bahwa mereka punya peran menyebabkan penyakit. Kuman termasuk “anggota” mahluk kecil yang diesbut MIKROBA yang menyebabkan penyakit. Mikroba disebut demikian karena memang wujudnya kuweciiil sekali, jadi hanya bisa dilihat oleh MIKROSKOP.

Nah, kuman ada di mana-mana termasuk di makanan dan minuman. Kuman ini yang menyebabkan makanan jadi busuk, minuman jadi basi. Lalu Louis Pasteur menemukan cara untuk “mematikan” kuman tersebut tanpa merusak “mahluk kecil” lainnya yang berguna. Proses ini dikenal dengan nama PASTEURISASI.

Pasteurisasi adalah sebuah proses pemanasan makanan dengan tujuan membunuh organisme merugikan seperti bakteri, virus, protozoa, kapang, dan khamir. Proses ini diberi nama atas penemunya Louis Pasteur seorang ilmuwan Perancis. Tes pasteurisasi pertama diselesaikan oleh Pasteur dan Claude Bernard pada 20 April 1862.

Tidak seperti sterilisasi, pasteurisasi tidak dimaksudkan untuk membunuh seluruh mikroorganisme di makanan. Bandingkan dengan appertisasi yang diciptakan oleh Nicolas Appert. Pasteurisasi bertjujuan untuk mencapai “pengurangan log” dalam jumlah organisme, mengurangi jumlah mereka sehingga tidak lagi bisa menyebabkan penyakit (dengan syarat produk yang telah dipasteurisasi didinginkan dan digunakan sebelum tanggal kadaluwarsa). Sterilisasi skala komersial makanan masih belum umum, karena dia mempengaruhi rasa dan kualitas dari produk.

Produk yang bisa dipasteurisasi

Metode pasteurisasi yang umum digunakan yaitu

  1. HTST/High Temperature Short Time, yaitu pemanasan dengan suhu tinggi sekitar 75oC dalam waktu 15 detik, menggunakan alat ysng disebut Heat Plate Exchanger.
  2. LTLT/Low Temperature Long Time, yaitu pemanasan dengan suhu rendah sekitar 60oC dalam waktu 30 menit.
  3. UHT/Ultra High Temperature, yaitu pemanasan dengan suhu tinggi 130oC selama hanya 0,5 detik saja, dan pemanasan dilakukan dengan tekanan tinggi. Dalam proses ini semua MIKROBA mati , sehingga susunya biasanya disebut susu steri l.

Susu

Susu adalah sebuah biasanya berarti cairan bergizi yang dihasilkan oleh kelenjar susu dari mamalia betina. Susu adalah sumber gizi utama bagi bayi sebelum mereka dapat mencerna makanan padat. Susu binatang (biasanya sapi) juga diolah menjadi berbagai produk seperti mentega, yoghurt, es krim, keju, susu kental manis, susu bubuk dan lain-lainnya untuk konsumsi manusia. Semua orang di dunia ini membutuhkan susu untuk menopang kehidupannya. Baik dari bayi sampai orang yang sudah lanjut usia.

Dewasa ini, susu memiliki banyak fungsi dan manfaat. Untuk umur produktif, susu membantu pertumbuhan mereka.Sedangkan untuk orang lanjut usia, susu membantu menopang tulang agar tidak keropos. Susu mengandung banyak vitamin dan protein. Oleh karena itu, setiap orang dianjurkan minum susu. Sekarang banyak susu yang dikemas dalam bentuk yang unik.Tujuan dari ini agar orang tertarik untuk membeli dan minum susu. Ada juga susu yang berbentuk fermentasi.

Sejarah Susu

Pada zaman dahulu, susu telah dipakai sebagai bahan pokok pangan manusia. Manusia mengambil susu dari hewan yang memiliki kelenjar susu, seperti Sapi dan Domba. Sapi dan domba mulai dijinakkan sejak 8000 SM untuk diambil daging, bulu dan susunya. Di Timur Tengah, susu bahkan terfermentasi menjadi keju oleh para pengembara gurun di sana. Diperkirakan susu mulai masuk ke dataran Eropa pada abad 5000 SM melewati daerah Anatolia. Sementara, susu mulai masuk ke Inggris pada periode Neolitik.

Penggunaan keju dan susu dari Timur Tengah lewat Turki mulai dikenal oleh bangsa Eropa pada zaman Pertengahan. Kemudian, pada abad ke-15, para pelaut mulai membawa sapi perah untuk dipelihara dan diternakkan di dataran Eropa untuk konsumsi susu. Susu sapi sendiri baru dikenal oleh bangsa Indonesia lewat penjajahan Hindia Belanda pada abad ke 18.

Oh ya  kamu bisa membedakan kemasan susu pasteurisasi dan susu UHT, kalau susu Pasteurisasi biasanya kotaknya berbentuk seperti atap rumah, sementara susu UHT biasanya berbentuk kotak biasa. Dan “umur” susu UHT bisa lebih lama lho 6 bulan hingga 1 tahun,

sementara susu pasteurisasi biasa hanya berumur 1 minggu saja.

Susu hasil “olahan” in terbukti tidak mengurangi kualitas susu disbanding dengan susu aslinya lho. Nah udah minum susu hari ini?***

(dari berbagai sumber)

Berikut adalah salah satu alat pesteurisasi susu:

Sumber:

  1. http://b0cah.org/index.php?option=com_content&task=view&id=381&Itemid=40
  2. http://id.wikipedia.org/wiki/Pasteurisasi
  3. http://id.wikipedia.org/wiki/Susu
  4. http://gamamesin.indonetwork.co.id/462303/pasteurisasi-susu.htm